Sabtu, 23 November 2013

Cara Membuat Blog Di Blooger



Membuat Blog sebetulnya nggak susah, tapi pada kenyataanya bangyak yang masih bingung dan bertanya-tanya gimana cara membuat blog sendiri. Makanya ane putuskan buat nulis artikel Cara Membuat Blog Di Blooger ini.


Tujuan seseorang membuat blog bisa macam-macam. Ada yang buat tugas sekolah, berbagi pengalaman biar bisa dilihat banyak orang, berbagi foto, promosi, atau bahkan menghasilkan rupiah lewat blog.

Seperti judulnya, artikel ini akan membahas cara membuat sebuah blog pada Blogger. Sebenarnya membuat blog nggak cuma bisa di Blogger. Agan juga bisa membuat blog di Wordpress, Tumblr, dll. Terus kenapa Blogger? Kenapa bukan yang lain?

Berikut kentungan membuat blog pada Blogger / blogspot.com :

  • Blogger sekarang sudah jadi milik Google.Inc. Jadi blog agan bisa lebih cepat nongol di mesin pencarian / search engine Google.
  • Mudah digunakan. Blogger termasuk yang paling mudah diatur dan diutak-atik tampilanya, apalagi buat agan yang pemula. Template yang disediakan juga sudah cukup bagus. Agan juga bisa memakai template yang bisa didownload dari berbagai situs.
  • Bisa mempunyai lebih dari satu kontributor dan admin. Dalam satu blog admin bisa menambahkan kontributor/penulis lain yang juga mempunyai akun Blogger / Gmail. Kontributor yang sudah bergabung juga bisa diubah statusnya jadi acmin (naik pangkat ceritanya)
 Cukup basa-basinya, saatnya membuat Blog!

Pertama agan harus punya akun Gmail dulu. Kalau agan belum punya akun Gmail, silahkan daftar dulu DISINI. Setelah daftar dan masuk akun Google, silahkan masuk ke Blogger.

Nanti akan ada tampilan kayak gini

Pilih Buat Profil Blogger terbatas. Terus bakal ada kolom isian Nama Tampilan. Nama ini buat tampilan Blogger agan (Bukan judul blog). Misalnya dibawah postingan / artikel yang agan bikin, nanti ada nama ini yang langsung terhubung sama Profil Blogger agan.



Nanti ada talpilan kayak gini. Klik Blog Baru


Abis klik Blog Baru ada tampilan melayang kayak gini kan

Isi kotak Judul sama judul blog yang agan mau bikin. Terus isi alamatnya juga. Kalau alanat udah diisi, nanti tepat dibawah kotak isian alamat ada pemberitahuan apakah alamat yang agan mau tersedia atau nggak. Kalau tulisanya 'Maaf, alamat blog ini tidak tersedia.' atau sudah ada yang pakai, agan bisa cari alternatif lain buat alamat blog agan. Misalnya dengan menambahkan beberapa karakter. Contoh: alamat yang agan mau 'iniblogsaya' menjadi 'ini-blog-saya' atau 'iniblogsaya123' atau 'blogsayaini' dan sebagainya. Coba terus sampai ada tulisan 'Alamat Blog ini tersedia'. Kalau udah, terus pilih template sesuai selera agan dan klik Buat Blog!. Nama, Alamat dan Template ini bisa diganti lagi nanti. Tapi sebaiknya nama dan alamat jangan diganti karena bisa mengurangi kepopuleran aga di search engine.

Udah? Selamat Agan sudah punya blog! Sekarang tinggal buat artikel yang agan mau dengan klik Buat enti baru kayak gambar dibawah ini.

Membuat entri baru pada Blogger nggak susah gan, nggak jauh beda sama Ms. Word kok.

Well, sekian penjelasan dari ane tentang cara membuat blog di Blogger. Semoga membantu. Makasih udah mampir gan.

SALAM!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar